ABOUT US

Didirikan pada tanggal 2 Mei 2002 di Purwokerto-Jawa Tengah, Biodiversity Society memiliki tujuan untuk melestarikan keragaman hayati Indonesia. Kegiatan penelitian dan pendidikan kepada masyarakat merupakan kegiatan utama yang dilakukan secara kontinyu, di wilayah Banyumas dan sekitarnya.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan antara lain pendataan burung, kupu-kupu, anggrek di kawasan Gunung Slamet dan DAS Serayu. Kedua kawasan tersebut merupakan kawasan penting yang menyangga kehidupan masyarakat Banyumas dan sekitarnya. Pemetaan keragaman hayati di kedua kawasan tersebut, akan sangat penting nilainya bagi keberlanjutan pengelolaan SDA Banyumas.

Kegiatan terbaru yang saat ini diluncurkan oleh Biodiversity Society adalah Banyumas Biodiversity Monitoring (BBM). Kegiatan ini dilakukan sebulan sekali sebagai ajang pelatihan bagi anggota sekaligus sebagai media kampanye pelestarian lingkungan bagi masyarakat umum.

Dikoordinir oleh Burung Nusantara, Biodiversity Society turut serta dalam even tahunan pemantauan migrasi burung, baik melalui World Migratory Bird Day (WMBD) maupun Festival Burung Migrasi Indonesia. Biodiversity Society bertugas untuk memantau wilayah Jawa Tengah bagian barat, khususnya wilayah lereng barat daya Gunung Slamet dan DAS Serayu.

wmbd2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>